Tuhan Tanpa Nama

Diambil dari status Facebook saya tanggal 26 Agustus 2015, menanggapi rame-rame orang bernama Tuhan:
Rame-rame soal Tuhan jadi nama manusia, membuat saya berfikir tebalik: Apakah Tuhan perlu nama?. Well dari berbagai artikel/literatur, setidaknya agama2 monoteistik menyebut Entity/Dzat yang Maha Esa itu dengan sebutan Tuhan dalam berbagai bahasa, Allah (arab), Elohim (aramaic), Yahweh (yahudi) tanpa nama. Allah dipakai oleh orang arab dari berbagai agama (Islam, Kristen bahkan kaum Pagan), karena terjemahan langsung dari Allah = Tuhan. Logikanya kalau kita percaya bahwa Tuhan itu satu, ya buat apa punya nama?, nama dibuat untuk pembeda.¬†Perumpamaannya di sebuah pulau kecil terdamparlah pasangan suami istri tanpa orang lain, hanya mereka berdua. Kemudian mereka punya seorang anak dan anak itu jadi satu-satunya anak di pulau itu, apakah anak tersebut perlu nama?, cukup panggil “nak” saja. Ketika pasangan tersebut punya anak berikutnya, apakah si anak perlu nama?, bisa iya bisa tidak, masih bisa dipanggil kakak & adik, mungkin nama mulai diperlukan ketika pasangan itu punya anak ketiga, fungsinya? ya sebagai pembeda.

Di masa sekarang, agama & Tuhan diberi nama, fungsinya? sebagai pembeda, sebagai identitas.

Saya muslim, dan percaya bahwa Allah tidak pernah meminta dikasih nama, begitu pun agama saya (yg sekarang disebut Islam) tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi nama. Dinul Islam = jalan keselamatan, itu kata keterangan. Bagaimana dengan Asmaul Husna (nama-nama Allah yang baik) ?, itu adalah penjelasan sifat-sifat dari Tuhan. Tuhan yang mana? ya yang “itu” yang menciptakan manusia dan alam semesta. Tuhan Yang Maha Esa.

Jadi kalimat laa ilaha ilallahu bila diterjemahkan langsung dalam bahasa Indonesia adalah : “tiada tuhan selain Tuhan”, sebuah kalimat pendek dengan dimensi yang sangat luas, perlu berfikir keras untuk mengerti dan mengimani, mungkin perlu betahun-tahun untuk mengerti sebuah kalimat ini saja, tapi untuk itu kan manusia diciptakan: berfikir!.
wallahualam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s