The Force Awakens, Kisah Dramatis Keluarga Tiga Huruf

SPOILER ALERT

Akhirnya hari kemarin nonton juga ini film -sambil kerja-, nonton sambil kerja, enak kan? :D. Buat saya kesimpulannya secara keseluruhan memuaskan, dari teknologi, editing, sinematografi, casting, setting, scoring dll, tidak percuma menunggu panjang 2 tahun ini. Kalau ada sedikiiiiiiit saja komplen dari soal plot cerita, tapi masih bisa diabaikan lah dan mudah-mudahan di episode selanjutnya ada jawabannya.

Mengingat dua trilogi awal Star Wars secara umum cerita sebuah keluarga besar, nah episode VII ini juga masih sama. Intrik-intrik keluarga dikemas dengan apik, ini semacam sinetron kelas tinggi, mungkin bisa dibilang satu level dengan intrik keluarga di kisah Mahabarata.

Salah satu scene yang “agak” bikin kita semua kaget pasti saat Papah Han akhirnya harus mati di tangan anaknya si Ben atau Ren. Untung sang Ibu tidak ada di situ, kalau ada, mungkin adegannya jadi lanjut ke “Anak durhako, kukutuk kau jadi batu!” JDARRR! jadilah Ren di carbon-freeze sama seperti bapaknya dulu. Lagi-lagi sebuah adegan kematian yang melibatkan Ayah-Anak, saya jadi tertarik cari tahu hidupnya George Lucas, ada masalah apa dia sama Bapaknya?. Dan sosok Ibu akan menjadi kunci, dulu sewaktu sang kakek mulai berubah tertarik ke Dark Side dipicu kematian sang ibu yang tragis. Dan saya yakin di trilogi baru ini, Ibu Leia akan menjadi kunci, kunci bagi Kylo Ren kembali ke jalan yang lurus dan benar (mudah-mudahan betul).

Nah soal Ben atau Ren ini sudah mulai jadi perdebatan di dunia persilatan fans boy, apakah dia anak kandung Han atau anak kandung Paman Luke yang diadopsi Han & Leia dari bayi. Jawabannya pasti nanti ada, tapi kalau bicara sifat sih, saya agak yakin kalau dia anak kandung Luke, soalnya cocok sama bapaknya waktu muda dulu, penuh kegalauan! …. tapi kakeknya juga ya. Ya keluarga besar galau :D. Gampang dipengaruhi dan dipecah belah, persis sama bangsa kita :)).

Ngomong-ngomong keluarga tiga huruf, satu tokoh tiga huruf lainnya: Rey juga jadi perhatian. Waktu pertama muncul di layar, langsung mengingatkan pada Anakin kecil yang pintar, gigih, jago ngoprek mekanik, pokoknya tipe anak ideal:kreatif, pintar, IQ & EQ tinggi, cuma kurang bahagia saja. Satu scene yang membuat saya tersenyum, saat Rey makan dan di sebelahnya ada helm pilot Rebel usang, kemudian dia pakai sambil merenung …. sangat Anakain sekali. Dari sini kita semua yakin kalau dia memang keturunan trah Skywalker, ditambah kalimat: The Force is Strong In This Family. Nah pertanyaannya adalah anak siapakah dia? Luke atau Leia?, ini pun jadi bahan perdebatan. Tapi kalau saya sih yakin dia anak kandung dari Han & Leia. Clue-nya adalah bagaimana secara singkat dia terlihat punya sifat seperti Bapake, yang agak nekat, cerdik dan agak slordeh, terlebih di satu scene dia sempat ngomong dengan sama persis sama Pak Han, sangat mewarisi sifat Bapaknya. Tapi berbeda dengan Luke (dan Ben kalau benar) yang galau, Rey punya sifat teguh dan mantap, diturunkan Ibunya yang keturunan bangsawan. Sifat kebangsawanan dari Neneknya Padme menurun ke Ibunya, sifat ini yang melengkapi kekurangan keluarga Skywalker. Bisa dibayangkan, kepintaran Anakin, Kecerdikan Han Solo dan Kebangsawanan Leia disatukan, akan jadi Jedi sehebat apakah Rey ini?.

Jawaban-jawaban itu semua akan muncul di episode selanjutnya, memang sudah disiapkan kejutan-kejutan kecil. Akan susah juga untuk mencapai tingkat kejutan seperti momen kalimat legendaris ini muncul: “Luke, I am your father!” ….”Noooooooooo”. Dan saya masih yakin, kejutan-kejutan selanjutnya akan berputar-putar di masalah hubungan keluarga seperti itu. Rasanya agak susah kalau tingkat kejutannya lebih kompleks, dengan teori konspirasi yang lebih rumit njelimet. Ini kan film “pop” yang tidak usah terlalu dibikin pusing, yang penting dinikmati.

Jadi, nanti kalimat legendarisnya akan seperti apakah?

“Rey, I am your Brother!” atau “Rey, I am your cousin!”

“Nooooooooooo”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s