Wawancara Imaginer: Engkong Sobari di Tahun Baru 2016

Sosok sepuh yang tak kenal lelah, di umurnya yang ke 80-an, Engkong Bari-panggilannya- masih berjualan buah dengan gerobak untuk menghidupi dia dan istrinya, Nyak Tarsini. Mangkal di depan sebuah ruko photo copy di lingkungan sebuah kampus sejak 35 tahun lalu. Mungkin karena itulah, Kong Bari akrab dengan dunia intelektual, mendengar para mahasiswa mengobrol dan berdiskusi. Satu yang pantang dia lakukan adalah balik bertanya ketika mendapat pertanyaan, karena menurut dia pertanyaan harus direspon dengan jawaban, bukan dengan pertanyaan lain. Inilah petikan wawancara imajiner dengan beliau:
Berserak.net (BN): Halo Kong Bari, selamat pagi.

Engkong Bari (EB): Eh selamat pagi, sehat-sehat ya semua.

BN: aamiin, semoga Engkong juga tetap sehat wal afiat, tidak kekurangan suatu apapun.

EB: Insha Allah, Engkong mah enggak pernah ngerasa kekurangan satu apapun, Redho sama Allah aja, soalnya itu konci buat hidup bagya. Jangan sampe elu gak redho ya Tong!.

BN: Iya Kong, makasih petuahnya.

EB: Naah bagus ntuh.

BN: by the way, tadi malem ngerayain taun baru enggak?.

EB: ah iya, berisik amat ya, Engkong sama Enyak susah tidur, suka heran sama anak sekarang, maen-maen peledak buat hiburan. Dulu mah Engkong sama temen-temen takut dengernya, langsung tiarap ngumpet di bawah meja, daripada mati.

BN: oh jaman perjuangan dulu ya Kong, ngelawan Belanda?

EB: iya Belande, VOC lah, terus nyambung jaman Jepun, sampe jaman kamerdekaan.

BN: Engkong umur berapa tuh?

EB: masih bocah lah.

BN: menurut Engong, perlu ga sih kita semua ngerayain taun baruan?

EB: ya perlu gak perlu sih, gimana masing-masing kalau menurut Engkong, taun baru kan waktnya siap-siap sama perobahan, perobahan yang mudah-mudahan makin baek, ya demokratis aja lah kalau Engkong.

BN: kan ada yang bilang perayaan taun baru tu haram.

EB: haram dari mana ya, emang ngerugiin? yang haram itu kalo ngerayainnya berlebihan, kan Alloh gak suka sama sesuatu yang berlebihan. Anak muda sekarang mah pan gitu, pesta-pesta, hepi-hepi, begadang sampe pagi, kadang mabok-mabokan, nah itu yang haram.

BN: mungkin maksudnya, lebih banyak mudharatnya dibanding manfaatnya.

EB: ah kata siape, kalau buat yang jualan terompet mah kan banyak manfaatnya, ngasilin banyak duit, kapan lagi bisa laris. Jadi kita kudu ngeliatnya dari macam-macam arah, jangan cuma ehois.

BN: egois kali Kong.

EB: ya iya, ehois!.

BN: Engkong enggak jualan buah tadi malem?

EB: ah elu mah ngada-ngada Tong, mane ada yang mau beli buah pas taun baruan, elu harus ngerti yang namanya stratehi jualan. Masarakat kan mau seneng-seneng bukan mikir beli buah.

BN: emang beli buah gak boleh seneng-seneng Kong?.

EB: naah ini yang gue gak suka dari anak-anak sekarang, suka memutar balikan fakta, pantesan aja susah bener dibawa maju negara ini. Elu kudu fokus, jangan kebawa-bawa sama suasana, bukan berati kalau banyak orang di satu tempat otomatis dagangan juga bakal laku, kudu liat kepentingannya orang-orang. Penting mana beli buah sama terompet pas taun baru, bakal dibeli apa kagak. Itu namanya jualan yang cerdas, jangan cuma mikir untung doang, kudu pake itung-itungan bisnis.

BN: oh iya Kong, bener juga.

EB: nah iya.

BN: terus menurut Engkong, taun 2015 ini gimana? apa sukses atau banyak kemajuan?.

EB: pasti lah, kudu maju terus jangan sampe malah mundur, kudu inget sama pejuang kita dulu waktu ngusahakan kemerdekaan. Maju ato kagak, giman pikiran kita, kalau mikirnya mundur ya bakal mundur, tapi Engkong mah orangnya optimis, bakal maju terus ini negara.

BN: Presiden Jokowi bagus ya Kong?.

EB: bagus lah, kalau kagak bagus mah gak bakal dipilih. Pan suara rakyat, suara Tuhan. Pembangunannya bagus nih Jokowi, bendungan, jalan tol, tol laut, kereta cepat. Kudu gini kalau jadi Presiden, mikir gimana kepentingan rakyat sama masarakat.

BN: tapi Kong Bari siapa presiden idolanya?

EB: Bung Karno lah pasti, Presiden Indonesia paling terbaik. Punya maksud dan tujuan yang bagus buat rakyat kita ke depannya. Udah gitu gagah.

BN: emang Pak Jokowi enggak gagah ya Kong?

EB: ya rada kurang lah, gagah itu pembawaan dari lahir, rada susah diatur. Enggak bisa direncanain, itu mah pemberian Allah Subhanahu wa ta ala.
BN: Kong, kan bulan Desember kemaren orang rame-rame ngomongin film Star Wars yang baru, gimana pendapatnya.

EB: ya bagus tuh pelem, pasti dbikin sangat baik dan serius.

BN: Engkong udah nonton?

EB: kagak ada waktu buat nongton engkong mah, jualan aja di sini. Pan mahal juga ya bioskop jaman sekarang. Dulu jaman Engkong muda mah nongton layar tancep aja, kagak bayar.

BN: haha oh gitu Kong, terus kalau enggak nonton, gimana tahu bagus film-nya?

EB: Pan banyak diomongin, berarti bagus, kalau sesuatu kagak diomongin berarti payah. Yang jelek-jelek mah orang juga males ngomonginnya.

BN: Enggak juga, yang jelek juga suka diomongin Kong, misalnya kasus korupsi, kan banyak diomongin.

EB: nah, yang diomongin pan kehebatan KPK bukan koruptornya, kalau koruptornya mah males ngomonginnya.

BN: kayak kasus Freeport itu, yang papa minta saham, kan banyak diomongin tuh.

EB: gua tuh kagak suka sama fripot, mereka ngadu-ngadu bangsa kita, buat mangfaatin buat kepentingan negaranya. Kagak kebayang, emas segede gunung dijual, masarakat Papua mah masih gitu-gitu aja. Terus bangsa kita yang berantem, ribut-ribut, kagak ada faedahnya. Kurang pinter pejabat kita mah, kagak ngarti maksud sama tujuannya itu fripot, cuma buat ngadu-ngadu kita aja. Dari jaman dulu juga gitu, jaman VOC, pan mereka mangfaatin bangsa kita buat kepentingannya, sama aja, bedanya itu rempah-rempah, dijual di eropah, amerika, terus bangsa kita yang diadu, diperes tenaga sama keringatnya, kagak pinter-pinter.

BN: berarti gak ada kemajuan dong Kong?.

EB: ya kemajuan mah ada lah, cuman mentalnya aja yang kagak. Biasa dijajah bangsa kita mah Tong, takut sama orang negara luar, inget pan jaman dulu di-ambarago sama amerika.

BN: embargo kali Kong!.

EB: ya iya ambarago!, takut banget, padahal mah rakyat kita kuat, pasti ngebela negara kalau diserang.

BN: bukannya dulu diembargo karena ngelawan ya? bukan takut.

EB: nah ini yang salah, pikiran elu yang salah. Kalo yang takut amerika, ngapain kita yang diambarago, pan kita yang kena, jadi kita yang takut. Pikiran lu harus dilempengin dulu, kagak cerdas lu mah tong!.

BN: hehe, iya deh Engkong.
BN: Pertanyaan berikutnya, apa resolusi Engkong di tahun 2016 ini?.

EB: Gue cuma kepengen negara kita maju, rakyat makin pinter, semua sekolah tinggi, mahasiswa jangan mikir pacaran mulu, pikirin keadaan negara sama rakyat, pan mereka jadi pemimpin nantinya. Kagak ada yang tau, mahasiswa yang suka beli buah gue nanti jadi menti, presiden, ketua PBB atau jendral. Mudah-mudahan aja, misal Engkong udah kagak ada, yang penting pernah ngobrol ya. Nanti gue di alam barzah juga bisa ikut bagya kan.

BN: pasti Kong Bari bangga ya kalau bener kejadian.

EB: pasti! pasti gue bangga.

BN: buat Engkong sendiri apa resolusinya?

EB: gue tetep sehat, bisa jualan terus saban hari, bini gue juga sehat terus.

BN: amiin Kong … aamiiin. Makasih ya buat ngobrol-ngobrolnya. Kapan-kapan kita diskusi lagi bahas hal lain ya Kong.

EB: iya … iya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s