Apel Kroak, Logo Yang Bermakna

Sampai dua tahun yang lalu, saya punya keyakinan bahwa logo apel kroak dari Apple inc.-perusahaan gadget terkemuka- mempunyai makna yang mendalam. Saya yakin, pemilihan buah apel dan gambarannya yang tergigit menyimpan kisah filosofis yang ingin diceritakan duo Steve, Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Buah apel dalam kepercayaan umat Kristiani berkaitan erat dengan kisah Adam dan Hawa (Adam & Eve), buah yang menjanjikan keabadian dan sekaligus bermakna godaan, dosa dan perbuatan nista, pokoknya berkaitan dengan hawa nafsu. Dan apel inilah yang menjadikan manusia penuh dengan dosa. Gigitan pada apel, menunjukkan sebuah bukti-atau barbuk, istilah sekarang-bagaimana Adam & Hawa seketika menjadi manusia dengan segala kelemahannya. Kisah ini terpengaruh kentalnya mitologi Yunani pada masa awal perkembangan agama Kristen. Pelukis-pelukis ternama pada masa itu menggambarkan Adam & Hawa dengan buah apel, meski beberapa pelukis menggunakan buah delima, sejatinya di kitab suci agama Kristen tidak pernah menyebutkan secara spesifik buah apel.

Kalau merunut lebih ke belakang, kepercayaan Nordik di Eropa Utara yang pertama kali memasukkan apel dalam khazanah kepercayaannya. Dewi Idunn (Ith-Dun), sang dewi keabadian memiliki sebuah apel yang dapat menjamin keabadian para dewa di Asgard. Kisah-kisah pagan ini diabadikan dalam tulisan-tulisan, prosa dan puisi termasuk oleh para cendekiawan di masa perkembangan agama Kristen.

Kalau memakai metoda cocoklogi, kisah-kisah ini memang sangat cocok dengan produk-produk yang dihasilkan Apple. Mereka adalah pelopor dan pionir, menghasilkan penemuan-penemuan dan inovasi dalam teknologi masa kini, seperti juga Adam & Hawa yang menjadi cikal bakal manusia di dunia ini. Kemudian buah apel berkaitan dengan nafsu, bagaimana para Apple fansboy seperti selalu bernafsu membeli setiap produk yang diluncurkan. Yang terakhir adalah dosa, berkaitan dengan cara bagaiamana para pencinta produk Apple untuk mendapatkan produk terbaru yang harus dibelinya. Yang paling umum tentu dengan berhutang melalui kartu kredit, atau program bundling, tapi di tingkat yang ekstrim, ada cerita seseorang bersedia menjual ginjal dan yang lebih parah, menjual keperawanan demi produk Apple terbaru.

Tapi ternyata makna logo Apple sebenarnya tidak serumit itu, apel adalah buah favorit Steve Jobs dan digunakan sebagai penghormatan untuk Sir Isaac Newton, ilmuwan penemu teori gravitasi yang melihat buah apel jatuh dari pohonnya. Mengenai kenapa buah apel tersebut tergigit, hanya untuk membedakannya dengan buah jeruk, karena secara silhuet cenderung sama. Teori lain menyebutkan bite (gigit) adalah penjelmaan dari kata byte, sehingga identik dengan dunia komputasi.

Tapi saya masih yakin, maknanya tidak mungkin sedangkal itu, betul kan Steve?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s