Wawancara Imaginer: Engkong Sobari “Gue Kagak Takut”

Sehari setelah peristiwa teror bom Sarinah, saya berkesempatan mewawancara lagi Engkong Sobari di tempat mangkalnya.

BN : “Assalamualaikum, Kong Bari, apa kabar?”

ES: “Waalaikum salam, baek Tong, wah tumben-tumbenan dateng pagi banget”

BN: “Iya, sengaja biar Engkong belum sibuk sama pelanggan”

ES: “kayak tau aje pelanggan gue dateng jam berape hehe”

BN: “hehe, Kong denger dong berita bom Sarinah?”

ES: “iye, gue liat di TV tadi malem, balik dari sini”

BN: “hari kemaren enggak denger beritanya Kong”

ES: “gue denger sih dari anak-anak mahasiswa yang mampir, tapi rasanya kagak percaya kalo cuman denger kata orang ya”

BN: “kalau dari TV percaya ya Kong?”

ES: “kalo TV mah percaya, pan mereka disebut jurnalis, kalo kagak percaya sama mereka, percaye sama siape lagi?”

BN: “tapi jurnalis jaman sekarang ada juga lho Kong yang ga bisa dipercaya, nyebarin berita bohong”

ES: “ah lu mah suudon aja Tong, kagak mungkin lah, mereka pan ada sumpahnye, dunia akherat!”

BN: “sumpah juga kalah sama duit gepokan”

ES: “ah elu mah ngada-ngada aje, kagak percaya gue. Wartawan itu propesi terhormat, manusie terpilih”

BN: “Iya deh Kong, nah sekarang soal terorisnya, gimana tanggapan Kong Bari?”

ES: “teroris kagak abis-abis ya, udah ditembak mati juga. Berarti belom ditumpas sampe akar-akarnya”

BN: “kalau engkong lihat, teroris yang di Sarinah sama yang dulu-dulu ada perbedaan enggak?”

ES: “keliatannya makin punya nyali ya Tong, pake nembak-nembakin polisi segale. Pan yang dulu kayak bom Bali mah kagak, blduk aje ngeledakkin diri”

BN: “kira-kita ada hubungannya sama ISIS ga ya?”

ES: “kagak tau sih gue, mungkin aje ya, nah kerjaannye intel kite kudunya yang tau”

BN: “engkong nih kan udah senior, jaman dulu ada gak sih teroris?”

ES: “teroris yang model gini kagak ade, dulu mah kan pergerakan (PKI), itu aje. Teroris model jihad ini baru ada abis jaman perang Afganistan”

BN: “ada yang bilang teroris itu bikinan Amerika, buat kepentingan jualan senjata”

ES: “ah, kagak ngarti gue mah soal gituan, bisa aje bikinan Amerika, bikinan Belande, bikinan Suriname haha”

BN: “haha, si Engkong mah. Terus soal rame-rame yang dikata Kami Tidak Takut, itu gimana Kong?, warga Jakarta enggak takut sama teroris?”

ES: “kagak heran gue, dari dulu juga beraninya rame-rame!”

BN: “maksudnya Kong?”

ES: “ya itu!, berani rame-rame, kalo sendirian ngomongnya Gue Kagak Takut!”

BN: “ah Kong Bari bisa aja, maksudnya kami itu kan mewakili orang Jakarta”

ES: “iya ngarti gue juga, tapi tetep aje kagak berani sendirian!”

BN: “engkong berani ya lawan teroris?”

ES: “ya kagak lah, pan bukan gue yang ngomong. Gue tuh ngalamin Tong waktu dulu jaman Inggris dateng ke sini, denger tembakan pestol sama bom jegar jegur, trauma gue mah. Gue kasi tau ya, mending damai ke mana-mana, hidup tenang”

BN: “iya Kong, damai itu indah ya”

ES: “iya lah”

BN: “nah tapi kemaren setelah kejadian bom itu, banyak yang jualan berani buka dagangan, yang jual minum, kacang sampe sate. Kira-kira Engkong berani gak jualan di sana?”

ES: “ah gue mah inget bini, si Enyak, gimane kalo pas jualan di sana ada bom lagi, kagak bakal siap dia ditinggal Engkong”

BN: “haha si Engkong mah romantis ya”

ES: “bukan romantis, gue mah realistis”

BN: “haha, mantap deh Kong, jadi kira-kira apa yang harus kita lakukan menghadapi teroris?”

ES: “kudu waspada aje, liat-liat di deket rumah elu, ada yang aneh-aneh kagak, kalo ada, laporin ke Brimob”

BN: “sama ngasih pelajaran agama yang bener sama keluarga ya Kong”

ES: “nah itu yang suseh, yang kata kita salah, kata mereka mah bener”

BN: “iya juga Kong, serba salah ya”

ES: “mangkanya kudu dibalikin, jadi serba bener”

BN: “eh iya … eh gimana tuh caranya?”

ES: “ah susah ngomong sama anak sekarang, dipikir aja dulu jangan banyak nanya!”

BN: “iya deh Kong Bari, makasih ya wawancaranya”

ES: “iye, ati-ati ye hidup lo”

BN: “68 Kong!”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s