Sabron Bercermin dari Catur

Hidup buat Sabron tidak pernah bersahabat, dari kecil dulu selalu jadi musuh berat, seperti bermain catur melawan Kasparov. Dia hanya bisa terus berlari dari serangan, bergerak menghindari skak mat, kalah bukan pilihan, remis paling tidak. Sabron yang hidupnya berat tetap idealis, kemantapan hati menurutnya jadi modal buat tetap bertahan dalam gempuran strategi Petrocian Attack

Buat dia, yang pertama dicamkan adalah hidup itu harus adil seperti taktik catur, penyerangan harus disertai pertahanan. Bangun siang harus disertai dengan tidur siang, makan banyak harus diikuti dengan istirahat banyak. Banyak ngobrol harus juga disertai banyak diam, dan supaya sehat, banyak merokok harus disertai banyak ngopi.

Yang kedua adalah keseimbangan, keseimbangan adalah rahasia alam, keterbatasan gerak kuda dalam format L harus diimbangi dengan kemampuannya melangkahi siapapun, termasuk raja. Dalam hidup, kerja sedikit harus diimbangi dengan pendapatan banyak. Datang terlambat harus diimbangi dengan pulang cepat. Jabatan rendah harus diimbangi dengan gaji tinggi. Tanggung jawab sedikit harus diimbangi dengan anak buah banyak.

Yang ketiga, soal percintaan, lelaki harus seperti raja dalam catur, bergerak sedikit dan dilindungi, karena lelaki begitu penting. Perempuan harus seperti ratu, bergerak lincah dan agresif, menjadi pelindung sejati sang raja. Lelaki tinggal menunggu jodoh datang sendirinya, perlu harga diri tinggi menjadinya. Kejombloannya adalah takdir, ratu akan tiba pada waktunya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s