Jurnal Pagi Jakartans: 14 Maret 2016

Senin pagi yang cerah ini dimulai dengan kesibukan memburu nyamuk dalam kabin, hal yang kadang bahkan bisa masuk kategori berbahaya, karena mengganggu konsentrasi mengemudi, untunglah si sulung yang setiap hari diantar ke sekolah sigap siaga menepuk-nepuk sang nyamuk dengan kedua telapak tangannya. Binatang memang selalu jadi bagian pagi kita, kucing salah satunya, hewan satu ini memang bukan nocturnal, selalu bangun lebih pagi dan beraktivitas duluan, kecuali kucing rumahan pemalas. Keluar dari gerbang rumah, seekor kucing sudah nongkrong di tong sampah, kucing lain kadang berjemur pagi dengan anggun. Tapi kucing memang salah satu binatang yang well designed by God, dalam posisi dan aktivias apapun tetap kelihatan anggun, cantik dan keren.

Satu kucing mengais sisa makanan di sebuah warteg, ini bukan warteg biasa, ini warteg franchise. Sepanjang perjalanan pasti kita temukan warteg berwarna mencolok paduan kuning dan hijau muda, ya warteg Bahari!. Tidak kalah dengan perusahaan waralaba kelas dunia, warteg ini cukup menjamur, tanda potensi bisnisnya luar biasa. Branding-nya selain dari warna tembok dan kusen, tulisan khas di kaca-nya yang lebar dan besar cukup iconic. Banyak yang tidak tahu bisnis kuliner model begini cukup menggerakkan perekonomian di tingkat bawah, bahkan perputaran uangnya cukup besar, makanya Pemda sempat punya ide untuk menarik pajak dari warteg.

Tadi saya lihat seorang penjual es balok delivery menjatuhkan sebongkah es sebesar kotak amal masjid dan segera memungutnya kembali ke gerobaknya yang berwarna kuning. Penasaran, akankan es balok itu dicuci lagi sebelum mendarat di gelas es teh manis di warteg-warteg, ah tapi percuma juga, air bahan es itu pun belum tentu steril. Tapi tidak semua warteg pakai es balok, ada beberapa yang bikin es sendiri atau beli es kepingan (mirip resto) yang cenderung lebih bersih & aman.

Di radio saya dengar sebuah lagu dari Adele yang menyayat hati, padahal penyiar radio punya niat menyemangati para Jakartans di pagi hari, mood booster katanye. Kadang suka bingung, kenapa lagu model begini masuk playlist. Bicara soal Adele, berapa banyak yang sepakat kalau dia memang kelihatan jauh lebih tua dibanding umurnya, di umur 27 tahun dia mirip ibu-ibu 35 tahun, mungknkah dia terinspirasi Nikita Willy?.

Kemacetan di depan sebuah sekolah SD, akibat pengantar sekolah datang di waktu bersamaan sudah jadi pemandangan umum di Jakarta. Dan tanpa disadari, saya jadi bagiannya, padahal dulu waktu anak belum sekolah, saya termasuk yang suka uring-uringan dengan kondisi ini. Kondisi ideal memang susah ditemukan di ibu kota, kecuali di level tertentu barangkali.

Metromini, Kopaja dan taksi agak berkurang pagi ini, tapi tetap tidak mengurangi kemacetan. Menurut info di radio, para pengemudi angkutan umum akan melakukan demo menentang angkutan umum berbasis aplikasi yang berpelat hitam. Sebuah kondisi yang lagi-lagi kayak buah simalakama, saat seperti ini kebijakan pemimpin diuji, ujuan tingkat tinggi.

Tapi di balik kesulitan yang dirasakan para pengemudi angkutan umum ini, ada saja yang bisa bikin tersenyum. Sebuah angkot di jendela belakangnya dilengkapi gorden bergambar hello kitty dominan warna pink, sebetulnya lebih cocok disebut seprei dibanding gorden, gambar repeat-annya menjadi tidak jelas karena dilipat-lipat membentuk kipas atau akordeon. Mungkin sopir punya tujuan agar suasana angkotnya lebih homy, kontras dengan body luarnya yang rusak. Bisa jadi dia tidak sadar kalau apa yang dilakukannya dalam dunia bisnis adalah salah satu cara diferensiasi. Well, Jakartans memang dewasa dengan tempaan kerasnya kehidupan.

Jurnal hari lainnya 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s