Engkong Sobari Soal Jelekin Presiden Masa Lalu

Kali ini, kami berkesempatan mewawancarai Engkong Sobari yang sedang agak santai berteduh di dekat gerobak buah-nya.

Assalamualaikum Kong Bari…

Waalaikumsalam warohmatullohi wabarakatuh, eh elu tong, sini ngadem!

Iya Kong makasih, panas banget ya cuaca.

Iya, gue sampe keringetan dari tadi, padahal ngadem di bawah pohon sini.

kabarnya sih akibat badai equinox, jadi suhu meningkat.

Bisa jadi ya, gue sih kagak paham badai-badaian.

Iya ya, kong mau nanya nih.

Nanya soal apa aja, selama gue bisa jawab, pasti gue jawab.

Gimana tanggapan Kong Bari, soal orang yang jelek-jelekin mantan Presiden di sosmed?

Oh ada ya yang kayak gitu. Hmm gue kagak paham maksudnya sih, tapi buat apa ya. Menurut gue sih kagak ada manfaatnya ya jelek-jelekin Presiden yang udah lewat, kalau mau kritik atau protes ya waktu dia merintah, itu namanya kritis.

Masuk akal Kong, saya juga baru kepikiran, buat apa ya manfaatnya.

Gue juga sih kagak maen sosmed jadi kagak tau cara-caranya, tapi mungkin biar keliatan pinter atau keliatan paling bener ya.

Haha bisa jadi Kong. Nah, sebetulnya etis enggak sih ngebahas-bahas kekurangan Presiden yang sudah lewat?.

Gimana tujuannya sih kalo kata gue, kalau emang buat diteliti biar kagak kejadian lagi sama Presiden di masa depan ya bagus. Pan kagak ada orang yang sempurna. Tapi kalo cuma buat nyela doang buat apa, apalagi kalo buat dibanding-bandingin sama kita Presiden lain.

Ya sekarang juga banyak tuh Kong yang suka bandingin Presiden Jokowi sama Presiden yang udah lewat.

Ya balik lagi ke tujuannya apa, kalau buat kebaikan mah ya kagak apa-apa. Tapi ada orang yang suka bikin pebandingan buat jatohin yang satu terus naikin yang satu lagi, nah ini yang gue kagak suka.

Naikin kualitas pake cara jatohin orang lain ya Kong?

Nah iya!. Kagak cuma soal Presiden, hari-hari juga banyak orang kayak gini. Saingan gue juga pernah ngelakuin ginian …. tapi udah lah, gue kagak mau ngomongin orang, dosa ah haha.

haha Kong Bari malah mau curhat

Iya nih, elu tuh Tong!.

Jadi harus giman nih Kong?

Ya kagak perlu lah jelek-jelekin mantan Presiden siapa pun juga, setiap pamerentahan pasti ada manfaatnya buat kita semua, ada positip-nya. Kudu hormat ke semua, dari mulei Pak Karno, Pa Harto, Habibie semua sampe SBY.

Tapi kalau mantan presidennya suka kritik ke presiden sekarang giamana tuh?

Ya bagus dong, berarti dia masih sayang sama negara ini, asal kritiknya bener ya. Jangan dianggap ngerecokin lah. Intinya kudu saling dewasa lah.

Tapi kalau di lingkungan politik kan gitu, kepentingan partai mungkin ya?

Iya kadang gitu, itulah susahnye kalau Presiden atawa mantan Presiden masih ngerangkap jabatan di partai. Kita jadi susah ngebedain dia ngomong pribadi apa buat kepentingan partai. Apalagi kalo punya rencana di pemilihan presiden nanti, mangkin ribet tuh.

Politik mah ribet ya Kong Bari?

Ribet banget tong!, makanye kalo kagak siap ngerti mah mending elu kagak usah ikut-ikutan.

haha enggak lah. Nah kalau Engkong sendiri, kalau punya unek-unek atau enggak suka sama kebijakan satu Presiden, biasanya ngapain?

Ya ngomel doang haha. Tapi paling enggak gue punya prinsip lah, tau mana yang jelek mana yang bagus. Kagak perlu dikritik terus kalo ada bagusnya, kagak perlu dibela terus kalo ada jeleknya. Kudu objektip!

Naah itu ang bagus. Ya udah kalo gitu, makasih ya Kong buat waktunya.

Iye sama-sama. Baek-baek ya!

Makasih, saya pamit ya. Assalamualaikum.

Waalaikumsalam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s