Jurnal Pagi Jakartans: 29 April 2016

Ketika baru saja sampai di tempat parkir sekolah anak dan mau mulai sarapan pagi, kegaduhan terdengar dari bagian belakang mobil. Sebuah mobil angkutan elf (berplat hitam) disetop oleh seorang petugas Dishub bermotor trail, dan dipaksa parkir persis di sebelah mobil saya. Seketika tanpa sopan santun, petugas dan sopir beradu mulut dengan cukup keras, berdebat soal pelanggaran yang dilakukan sang sopir. Tersadar saya berada di mobil sedang sarapan, mereka berdua bergeser ke arah belakang mobil elf tersebut, perdebatan berlanjut dengan sengit.

Dalam waktu 15 menit, perdebatan sengit itu pelan tapi pasti berangsur melunak dan diakhiri saling bersalaman, bahkan si sopir akhirnya menyebut petugas tadi dengan “ndan”, kependekan dari komandan. Sang petugas meminta sopir hati-hati berkendara. Dan akhirnya mereka berdua saling berpamitan, meneruskan aktivitas masing-masing. Entah apa yang mereka berdua bicarakan, sampai akhirnya suasana berubah 180 derajat. Eh, tapi tadi sih saya lihat sang sopir sempat masuk sebentar ke kabin, mengambil uang 50ribuan. Tidak mau berprasangka sih, tapi kalau benar si 50rb tadi berpindah tangan ke petugas, sekarang saya makin yakin, bukan hanya cinta yang mendamaikan dunia.

Melanjutkan perjalanan menuju kantor, saya memperhatikan merk / brand yang setiap hari kita lihat di jalanan. Kalau dalam dunia advertising ada award/penghargaan untuk merk-merk terpopuler, seharusnya begitupun di jalanan. Merk yang secara visual sering kita lihat di perjalanan, baik yang tertera di toko, billboard, iklan dll berhak mendapat penghargaan. Merk-merk itu bukan hanya milik pemodal kapital besar, tapi beragam dari mulai yang bermodal sederhana.

Untuk kategori kursus keahlian, saya yakin pemenangnya adalah kursus menjahit Juliana Jaya, di area manapun di Jakarta dan sekitarnya, merk ini sering kita temui. Juara kedua adalah kursus mengemudi Mulia Jaya. Kategori kursus bahasa, masih dipegang oleh EF.

Berikutnya adalah karoseri mobil, hampir semua angkot yang bentuknya bermacam-macam dengan aksesoris beragam pula, tertulis dengan jelas di kaca belakang: Karoseri Panca Tunggal. Untuk kategori taksi, masih didominasi si biru Blue Bird dengan taksi Express menguntit di posisi ke dua. Kategori ojek online, masih dimenangkan oleh Gojek dan dibuntuti oleh Grab Bike.

Kategori selanjutnya adalah tempat makan, warteg Kharisma Bahari cukup mendominasi, disusul oleh warung nasi padang Sederhana yang tentu harganya kurang sederhana. Fast food modern pun tak kalah gencar, warung Kolonel Sanders KFC jadi yang paling banyak kita temui, disusul oleh McDonalds dan Pizza Hut.

Kategori Bank tentunya masih dimenangkan oleh BCA dan dengan sangat ketat ditempel bank pelat merah Mandiri, paling banyak disumbangkan oleh billboard ATM dan metode pembayaran di mini market. Untuk mini market sendiri, susah ditentukan juaranya, apakah Alfamart atau Indomaret, persaingat ketat sekali, seperti celana yoga.

Pernahkah melewati sebuah toko berwarna kuning terang dan kadang dihiasi signage berbentuk kuas besar, kadang diberi lampu kelap-kelip?, ya itulah toko cat Warna Abadi. Toko cat yang berani melabrak pakem, kalau biasanya toko bahan bangunan sudah tutup sebelum maghrib, dia buka sampai malam hari. Untuk kategori peralatan rumah tangga, Ace Hardware masih nomor satu, diikuti Informa. Untuk kategori home appliance, masih dipegang Electronic City.

Merk mobil, menurut saya Toyota masih mendominasi, karena didukung oleh banyaknya kendaraan umum yang menggunakan merk ini. Berikutnya Honda dan disusul oleh Daihatsu (lagi-lagi disumbang kendaraan umum). Untuk sepeda motor, Honda dan Yamaha bersaing sangat ketat, sementara Kawasaki dan Piaggio Vespa berebut kursi di segmen lebih atas.

Kategori Yayasan kemanusiaan, Dompet Dhuafa masih jadi juara, disusul oleh Rumah Yatim. Kategori pembiayaan, Pegadaian masih nomor wahid dan kemudian disusul perusahaan-perusahaan leasing seperti Adira, BAF, WOM Finance. 

Kategori bengkel motor, AHASS masih jadi juara, disusul bengkel motor resmi Yamaha.

Merk apa yang sering anda lihat? share di kolom komentar ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s