Jalur Alternatif Menuju Puncak Bogor: Sentul City – Pasir Angin

on

Tidak bisa dipungkiri, kawasan Puncak Bogor masih menjadi salah satu tujuan wisata favorit warga Ibu Kota untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terkasih. Di akhir pekan atau liburan nasional, sudah sangat pasti ribuan kendaraan mengular menuju kawasan tersebut.

Meski sudah sangat tahu dan paham, bahwa untuk menuju Puncak, masyarakat harus berjuang melawan kemacetan di jalan tol, pintu tol Gadog maupun jalan menuju ke sana, tapi tetap saja tidak menyurutkan animo masyarakat untuk berlibur di sana.

1406629039
Situasi kemacetan jalur menuju puncak / source: beritasatu.com

Ada satu jalur alternatif yang tersedia, yaitu melalui Sentul City-Cijayanti-Bukit Pelangi-Gunung Geulis-Pasir Angin, keluar di Jalan Raya Ciawi, sekitar 1.5 km dari pintu tol Gadog. Berbeda dengan jalur normal yang melalui pintu tol Gadog, jalur ini lebih ekstrim, jalan berkelok dan sempit serta curam di beberapa titik, bahkan ada satu-dua titik rawan longsor. Tapi jalur ini relatif lebih lancar, dan saat tidak ada hambatan, kita hanya butuh waktu 30 menit perjalanan dari Sentul City ke Jalan Raya Ciawi menggunakan kendaraan roda empat. Pemandangan alam yang ditemui sepanjang jalan sungguh indah dan beragam, mulai dari perbukitan hijau, lapangan golf yang asri serta perkebunan dan pedesaan khas masyarakan kaki gunung. Tapi tentu saja kita harus tetap mempelajari jam buka-tutup jalur puncak, agar saat memasuki Jalan Raya Ciawi tidak perlu menunggu dalam kemacetan. Yang juga perlu diperhatikan, akses melewati kawasan Rainbow Hills akan ditutup jam 19.00 – 04.00 pagi hari, sehingga anda harus bisa memperkirakan sampai di sini sebelum jam 19.00.

Untuk memulai perjalanan di jalur ini, anda hanya perlu menemukan pintu tol Sentul City/Sentul Selatan. Apabila anda menggunakan Tol Jagorawi, akses menuju pintu ini akan anda temui setelah akses menuju Sirkuit Sentul. Sedangkan apabila dari arah tol Lingkar Luar Bogor (Bogor Baru & Parung), setelah pintu tol Sentul City, tinggal lurus terus melanjutkan.

pintu tol
Pintu Tol Sentul Selatan 1 / source: Google Street View

Setelah keluar dari pintu Tol Sentul Selatan, anda tinggal berjalan lurus untuk bertemu dengan pertigaan. Di pertigaan ini ambil lajur paling kiri dan berbelok ke arah Sentul Nirwana atau JungleLand Sentul. Anda yang dari arah Lingkar Luar Bogor akan muncul dari arah kanan foto di bawah ini.

pertigaan
Pertigaan, belok kiri / source: Google Street View

Ikuti terus jalan itu, anda akan menemukan jalan yang cukup lebar dan taman-taman terawat rapih di sisi kiri kanan, serta beberapa bangunan komersial, seperti ruko, pasar modern, mall dan lain-lain.

IMG-20160514-00151
Jalan Kawasan Sentul City / doc. berserak.net

Sekitar 1.5 Km, anda akan menemui cabang jalan, ambil lajur paling kiri, karena anda harus memilih jalur menurun yang berada di kiri.

cagak-turun
Cabang jalan, pilih lajur paling kiri yang menurun / source: Google Street View

Menuruni jalan tersebut, beberapa puluh meter, akan ditemukan kembali dua cabang jalan, pilih belokan ke kanan (ke arah Rainbow Hills).

cagak rainbow hills
Cabang jalan, pilih belokan ke kanan, melewati terowongan / source: Google Street View

Pastikan anda melewati terowonga, kalau tidak, berarti anda salah jalan.

IMG-20160514-00153
Terowongan / doc. berserak.net

Setelah itu, anda hanya perlu mengikuti papan informasi menuju Rainbow Hills yang terpampang di beberapa tempat.

IMG-20160514-00158
Petunjuk menuju Rainbow Hills / doc. berserak.net
IMG-20160514-00159
Kondisi jalan yang sempit dengan pemandangan yang indah / doc. berserak.net

Jangan terlalu terlena dengan kondisi jalanan dan lingkungan sekitarnya, anda harus memperhatikan pertigaan di mana kita harus berbelok ke kanan. Papan petunjuk bertulisakan Rainbow Hills ke arah kanan akan mudah terlewat ketika tidak memperhatikan.

pertigaan rainbow hills
Pertigaan masuk ke kawasan Rainbow Hills, belok kanan / source: Google Street View

Kemudian sebuah pos penjagaan akan menyambut para pengendara melewati kawasan tersebut.

IMG-20160514-00172
Pos penjagaan kawasan Rainbow Hills / doc.berserak.net

Selanjutnya yang akan kita temui adalah jalan mengecil yang dibatasi pemisah jalur hijau (taman) yang asri dan terawat dengan sangat baik. Pohon tinggi berpadu dengan tanaman hias dan rumput yang dipotong rapih.

IMG-20160514-00174
Jalan mengecil dan rimbunnya pepohonan di kawasan Rainbow Hills / doc. berserak.net
IMG-20160514-00178
Jangan coba-coba parkir di sini, patroli akan meminta anda terus jalan / doc. berserak.net

Setelah beberapa menit berjalan, kadang menanjak dan menurun, sampai pada sebuah bundaran, pilih untuk sedikit memutar dan berbelok ke arah kanan.

bunderan WH
Bundaran, berbelok ke kanan / source: Google Street View

Ikuti terus jalanan tersebut, kita akan menemukan pemandangan berupa hamparan lapangan golf yang menakjubkan, cukup luas dan memukau, karena kontur tanah yang berbukit-bukit. Di beberapa bagian jalan, ada kondisi yang kurang baik dan sedikit rusak, kurangi kecepatan.

Lap Golf
Hamparan Lapangan Golf / source: Google Street View

Selanjutnya kita akan kembali memasuki jalan umum yang melewati pedesaan, perkebunan, tebing-tebing curam. Kondisi jalan beragam, ada yang mulus, rusak di beberapa bagian. Banyak sekali kelokan dan beberapa cukup tajam, pastikan anda membunyikan klakson ketika berbelok karena kadang pengendara motor dari arah depan muncul tiba-tiba. Turunan dan tanjakan silih berganti kita hadapi, kondisi kendaraan yang prima jadi kebutuhan. Bengkel, tukang tambal ban atau penjual bensin berjarak cukup jauh, jadi kondisi kendaraan harus betul-betul dipersiapkan.

jalan raya bukit pelangi
Jalan menurun dan berkelok / source: Google Street View
Belokan curam
Salah satu belokan curam dan menurun, hati-hati kendaraan dari arah depan / source: Google Street View

Akan tiba saatnya anda bertemu dengan sebuah persimpangan di kawasan Gunung Geulis, yang harus anda lakukan adalah berbelok ke kiri, terus menurun.

perempatan gn geulis
Pertigaan atau perempatan Gunung Geulis, berbelok ke kiri / source: Google Street View

Selanjutnya jalanan akan semakin menurun tajam dan berkelok-kelok sampai akhirnya akan menemui ujung dari jalur aleternatif ini. Silahkan berbelok ke kiri untuk menuju ke arah Puncak Pass.

pertigaan ciawi
Tanjakan yang cukup curam, pertemuan dengan Jalan Raya Ciawi / source: Google Street View

Untuk melalui jalur alternatif ini, disarankan pada saat jalur normal betul-betul padat, kemudian pilih pengemudi yang cukup cakap di kondisi jalan berkelok dan menanjak atau menurun. Banyak pilihan villa atau resort di sekitar Gunung Geulis, jadi cukup bijaksana bila memilih jalur ini apabila memang berminat menginap.