Yang Netral Tersisihkan

Masa-masa sulit buat orang-orang netral dan tidak berpihak yang mencoba untuk bisa objektif melihat masalah. Sekarang yang sedang trend adalah keberpihakan dan cap memihak. Semuanya jadi hitam-putih, benar-salah, pintar-bodoh. Kala mengkritik si hitam, otomatis kita jadi putih, ketika memuji si bodoh, kita jadi anti pintar. Ada yang salah dengan semuanya.

Yang jelas menjadi netral sangat tidak menguntungkan saat ini, entah karena inikah band Netral memutuskan mengganti nama jadi NTRL. Mungkin saja.

Rupanya tak memihak menjadi barang rongsok dan kuno dan mulai dilupakan, atau pura-pura dilupakan?. Bahkan mungkin untuk pihak tertentu netral harus jadi barang langka atau kalau perlu dipunahkan.

Mungkin buat mereka jauh lebih baik melihat orang berpihak, supaya tahu berposisi di mana dibanding berhadapan dengan orang-orang netral, menjadikan mereka gamang, bingung dan ragu-ragu.

Saya sendiri memilih untuk tersisihkan pelan-pelan dari arena pertempuran mereka yang berpihak, menjadi penyendiri di ruang terbuka yang bebas ini. Sampai kapan?, sampai saat menjadi objektif dihormati kembali, sampai saat menjadi netral dianggap kembali. Semoga tidak lama lagi …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s