Celana Bolak Balik

on

Saya punya satu buah celana pendek yang digunakan hanya untuk tidur. Uniknya adalah celana itu sering kali bikin saya bingung menentukan mana bagian depan, mana belakang. Tidak ada hal-hal yang biasa jadi ciri bentuk depan dan belakang yang spesifik. Walhasil pasti sering kebolak balik saat dipakai.

Memang sekilas tidak ada masalah sama sekali, tapi sesungguhnya ada sebuah masalah krusial kalau kita bicara dalam konteks komunikasi. Karena pada dasarnya desain adalah sebuah bentuk komunikasi.

Di celana tersebut ada kesalahan desain yang cukup penting. Identitas “muka” dan “belakang” tidak tergambarkan secara gamblang. Ada berbagai cara yang biasa dilakukan desainer atau setidaknya tukang jahit untuk mengkomunikasikan  penanda depan-belakang tadi. Misalnya bagian depan bisa diidentifikasi dengan adanya tali serut karet (biasa di celana olah raga), atau bentuk saku yang melengkung ke arah depan. Bagian belakang bisa diidentifikasi dengan jahitan dobel di bagian pantat misalnya.  

Artinya ada sebuah “pesan” terlewatkan soal depan-belakang ini, yang saya tidak tahu apakah memang disengaja atau tidak. Kalaupun itu disengaja, apa objektifnya?, apa yang menjadi dasar pemikirannya?. 

Ada sebuah bentuk komunikasi yang secara konvensional saya nyatakan salah, karena terjadi kerancuan. Bahasa sononya misscommunication. Ini bukan sebuah false alarm yaitu salah tangkap pesan, tapi memang karena komunikasi itu yang tidak ada sama sekali.

Nah, ketikadaan komunikasi sering jadi kendala besar dalam sebuah komunitas. Baik yang berskala kecil seperti rumah tangga, team di kantor/sekolah maupun yang berskala besar seperti lembaga negara atau negara itu sendiri.

Ketika anggota komunitas merasa kebingungan, pasti ada yang salah dengan komunikasi.

Outputnya bisa berbeda-beda, seperti saya dalam kasus celana tadi, dipake saja tanpa mempedulikan mana depan mana belakang. Mungkin ada yang bereaksi keras, mungkin juga ada yang malah membela. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s